Langsung ke konten utama

cara install arduino IDE di linux

macam-macam IOT device, diantara yang paling digunakan adalah arduino, arduino sendiri memiliki berbagai macam hardware diantaranya ada nano, uno, mega, pro, zero, dan banyak lagi termasuk shield. shield yaitu board pendukung dari board utama itu sendiri, lebih lengkapnya sobat bisa lihat di link ini https://www.arduino.cc/en/Main/Products. dengan banyaknya produk hardware arduino itu, arduino juga membuat sebuah software untuk menulis kode dan upload ke board arduino, yaitu arduino IDE.

software arduino IDE kompatibel di berbagai macam device, linux, windows dan Mac OS, bahkan sekarang sudah bisa via web (arduino web editor). untuk postingan blog kali ini cangkal bagikan bagaimana cara install arduino IDE di linux. untuk perangkat yang cangkal gunakan adalah linux lubuntu 32 bits. yuk kita langsung aja

pertama-tama kita download dulu software arduino IDE di situs https://www.arduino.cc/en/Main/Software, cari yang sesuai dengan OS kita. cangkal memilih linux 32 bits. ukuran file arduino IDE yang di download yaitu 100 MB.

download arduino IDE sesuai OS yang sobat gunakan

opsi download dengan donasi atau hanya download

save file arduino IDE linux 32 bits 100MB
sudah selesai download, file biasanya tersimpan pada folder Downloads secara default. ke folder Downloads buka file arduino-1.8.5-linux32.tar.xz dengan aplikasi archive manager. kemudian klik extract di aplikasi tersebut, sampai selesai. mudah saja apabila mengunakan windows cara kerjanya sama dengan aplikasi winrar.

open file arduino .tar.xz menggunakan archive manager
isi file arduino .tar.xz, klik extract
Proses ekstak file

hasil extract

isi folder arduino
ok sob sampai disini kita sudah menyelesaikan tahap extrak file arduino IDE, selanjutnya adalah tahap instalasi. caranya yaitu dengan menggunakan terminal. pertama kita ke folder hasil extract tadi dulu ya sob.
ls
cd Downloads/arduino-1.8.5/

sudah pada folder arduino-1.8.5 ketik lagi di terminal ./install.sh untuk menjalakan perintah install.
./install.sh

proses install berjalan

ketik perintah ./install.sh

instalasi arduino IDE sukses
arduino IDE sudah terpasang di desktop
nah instalasi arduino ide sudah selesai nih sob, yuk kita coba jalankan, double klik shortcut arduino IDE yang di desktop tadi.

Startup arduino IDE
interface arduino IDE
di coba jalankan sudah running well sob. sampai disini dulu ya sob. next kita icip-icip board arduino untuk bisa test software arduino IDE ini.

Komentar

  1. In this fashion my partner Wesley Virgin's adventure launches in this shocking and controversial video.

    You see, Wesley was in the army-and shortly after leaving-he found hidden, "MIND CONTROL" secrets that the government and others used to get whatever they want.

    As it turns out, these are the same methods lots of famous people (especially those who "became famous out of nowhere") and elite business people used to become wealthy and famous.

    You've heard that you use only 10% of your brain.

    That's mostly because most of your BRAINPOWER is UNCONSCIOUS.

    Perhaps this conversation has even taken place INSIDE your very own head... as it did in my good friend Wesley Virgin's head around 7 years back, while driving an unlicensed, beat-up bucket of a vehicle without a license and $3 on his banking card.

    "I'm very frustrated with living check to check! Why can't I become successful?"

    You've been a part of those those thoughts, isn't it so?

    Your success story is going to start. You just have to take a leap of faith in YOURSELF.

    CLICK HERE TO LEARN WESLEY'S METHOD

    BalasHapus

Posting Komentar

penulis senang dengan adanya pembaca yang meninggalkan jejak. :)

Postingan populer dari blog ini

codeigniter mengambil data JSON dari URL

Sekarang pertukaran data baik itu dekstop, mobile, web sangat mudah dilakukan dengan adanya JSON. Banyak API yang menyediakan dengan format JSON, seperti api.tiket.com, api.cekresi.com bahkan perusahaan besar semacam facebook, google, twitter juga menggunakan API. Cangkal kali ini mencoba sharing bagaimana mengambil data JSON dari URL (website) menggunakan framework codeigniter. URL yang digunakan yaitu http://jsonplaceholder.typicode.com/posts/ . URL ini memang sengaja dibuat untuk digunakan sebagai testing. Data JSON yang diberi oleh URL tadi bentuknya seperti ini [{ "userId": 1, "id": 1, "title": "sunt aut facere repellat provident occaecati excepturi optio reprehenderit", "body": "quia et suscipit\nsuscipit recusandae consequuntur expedita et cum\nreprehenderit molestiae ut ut quas totam\nnostrum rerum est autem sunt rem eveniet architecto" }, { "userId": 1, "id": 2,

ip whatsapp dari dns cache mikrotik

selamat pagi sob, kita ketahui setiap administrator memanajemen rule alias lalu lintas mikrotik dengan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan instansi / perusahaan. pada postingan ini ilustrasinya adalah sebagai berikut sebuah perusahaan ingin menjalin komunikasi lewat media whatsapp, akan tetapi akses intenet harus ditutup. Oleh karena itu seorang administrator networking membuat rule sesuai permintaan perusahaan tersebut. Adress Lists Whatsapp

postfixadmin your email address or password is not correct. can't open file letsencrypt privkey.pem

[Wed Feb 02 08:53:49.429318 2022] [php7:notice] [pid 1445731] [client 180.252.186.123:64290] Failed to read password from /usr/bin/doveadm pw -r 5 ... stderr: doveconf: Fatal: Error in configuration file /etc/dovecot/conf.d/10-ssl.conf line 16: ssl_key: Can't open file /etc/letsencrypt/live/mail.binasaranasukses.com/privkey.pem: Permission denied\n, password: , referer: https://postfixadmin.example.com/login.php [Wed Feb 02 08:53:49.429526 2022] [php7:notice] [pid 1445731] [client 180.252.186.123:64290] Error while trying to call pacrypt(), referer: https://postfixadmin.example.com/login.php [Wed Feb 02 08:53:49.429590 2022] [php7:notice] [pid 1445731] [client 180.252.186.123:64290] Exception: /usr/bin/doveadm pw -r 5 failed, see error log for details in /var/www/postfixadmin/functions.inc.php:1060\nStack trace:\n#0 /var/www/postfixadmin/functions.inc.php(1275): _pacrypt_dovecot()\n#1 /var/www/postfixadmin/model/Login.php(36): pacrypt()\n#2 /var/www/postfixadmin/public/login.php